Kamis, 01 Maret 2012

sejarah cibulan


Menurut cerita yang berkembang di kalangan Masyarakat Desa Maniskidul dan masyarakat Kuningan pada umumnya, ikan dewa yang ada di kolam Cibulan ini konon dahulunya adalah prajurit-prajurit yang membangkang atau tidak setia pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi. Singkat cerita, prajurit-prajurit pembangkang tersebut kemudian dikutuk oleh Prabu Siliwangi sehingga menjadi ikan. Konon ikan-ikan dewa ini dari dulu hingga sekarang jumlahnya tidak berkurang maupun bertambah. Apabila kolam dikuras, ikan-ikan ini akan hilang entah kemana, namun saat kolam diisi air, mereka akan kembali lagi dengan jumlah seperti semula. Terlepas dari benar atau tidaknya legenda itu sampai saat ini tidak ada yang berani mengambil ikan ini karena ada kepercayaan bahwa barang siapa yang berani mengganggu ikan-ikan tersebut akan mendapatkan kemalangan.
Pemandangannya pun tidak kalah ajaib. Sesekali, guguran daun-daun yang sudah menguning tertiup angin dan bertaburan di permukaan air kolam yang berwarna hijau, memantulkan bayangan pepohonan. Dan di bawah permukaan air yang bening, puluhan ikan berwarna abu-abu kehitaman berenang ke sana ke mari. Itulah ikan kancra bodas (Cyprinus carpio
Next trip di Kuningan gw lewatin dengan jalan-jalan ke tempat wisata yang letaknya masih di sekitar jalan Kuningan-Cirebon..kalo dari rumah gw mungkin dilalui sekitar 15 menitan..seperti biasanya gw pergi bertiga..Bokap, Ponakan gw, dan terakhir gw sendiri..He.he..kita selalu jadi trio selama beberapa hari ini..abisnya gw juga bingung kalo mo pergi selain ama mereka..gw gak bisa pergi sama temen-temen gw disini karena mereka mungkin udah punya kesibukan sendiri ama keluarganya, lagipula temen-temen SMP gw emang gak ada yang deket-deket amat karena gw dulunya Galak..terus egois..kadan Kopet..siapa juga yang mo temenan ma orang kayak gini waktu itu, mana kerjaannya cuman sekolah, ekskul, pulang..jarang banget buat maen-maen nongkrong kayak sekarang-sekarang..He.he..So...Trio maut ajah yang jalan..
Tempat wisata yang dituju judulnya "Cibulan", tempat ini sebenernya cuma tempat berenang biasa yang terdiri dari beberapa kolam, cuman tempat renangny gak seperti di tempat lain yang penuh ama keramik dan zat-zat kimia..disini semuanya masih serba alami, lantainya masih dari batu-batu alam, terus airnya bener-bener jernih dan berasal dari sekitar pohon-pohon gueeedeee yang udah berumur puluhan tahun + keberadaan 7 sumur yang dianggap keramat..
Setelah hampir 1 tahun gak mengunjungi tempat ini, ternyata ada alat hiburan tambahan..seperti di kebanyakan tempat wisata alam..ada Flying Fox di tempat ini..tapi alat-alatnya masih sederhana, ga secanggih yang ada di tempat-tempat oubound kota-kota gede..Ha.ha...gw cuman bisa senyum-senyum ngeliatnya..Kreatif banget mereka ngebikinnyaa..dengan alat yang sederhana tapi masih bisa nyiptain maenan yang menyenangkan..salluutt deeehhh..
Cibulan ini juga dikenal dengan keberadaan ikan"dewa" karena ukurannya yang gede-gede, hampir melebihi ukuran paha orang dewasa..warnanya hitam kayak batu sungai..kalo bentuknya sendiri mirip ikan Mas, tapi versi gedenyaa..entah kenapa juga disebut ikan "dewa"..beberapa orang siih bilang kalo ikan ini gak bisa ditangkep...Susaaah pisaaan nangkepnya...kalo pake tangan tentunya..He.he..kalo pake jaring siih tinggal cluuup..langsung ke tangkep deeeh..Selain di Cibulan..ikan ini juga ada di kawasan wisata kuningan lainnya..misalnya di Waduk Dharma dan daerah pasawahan...
Ikan ini termasuk ikan langka..pernah satu waktu diangkut beberapa ekor ikan ke Seaworld Ancol Jakarta, tapi ternyata gak bisa bertahan lama..soalnya ikan ini musti tinggal di tempat yang airnya alami + mengalir..info ini gw dapetin dari bokap sendiri..He.he..
Selain ikan sama kolamnya, kawasan Cibulan ini juga dikenal sama keberadaan 7 sumur yang konon katanya pernah jadi tempat pertapaan "Prabu Siliwangi" sang penguasa kerajaan Sunda zaman dulu kala..ini kali pertamanya gw masuk ke 7 sumur ini, sekalian ngambil gambar..clik sana--clik sini..he.he..meskipun cuman pake kamera VGA Handphone jadul tea..
Sebelum masuk gw kira sumur ini bakal berbentuk kayak sumur-sumur yang ada, alias sekelilingya disemen terus airnya ada di kedalaman lebih dari 5 meter...eeeeeh, ternyata sama sekali di luar dugaan...7 sumur ini sama sekali ga dikelilingi semen, semuanya masih alami, terus sumur ini juga gak dalem, tapi hampir sejajar sama permukaan tanah, menurut gw siih lebih tepat disebut sumber mata air..bukannya sumur..He.he..
di kawasan 7 sumur ini ternyata ada bangunan seperti rumah yang didalemnya berisi batu gede yang sekali lagi "konon" katanya tempat pertapaan Prabu Siliwangi, batu ini ditutupi sama kain putih yang ditaburi bunga-bunga wangi..kebetulan pas keliling disini ada warga yang lagi ngelakuin "ritual", entah itu juga ritual apa..soalnya gw kagak pernah mo mikirin yang gitu-gituan..tapi katanya..sehabis berdoa di tempat pertapaan ini, kemudian diterusin dengan cuci muka dan sebagian tubuh di ketujuh sumur, dipercaya bakal "Awet Muda"
Ketujuh sumur itu sendiri punya nama :
1. Kejayaan
2. Keselamatan
3. Pengabdian
4. Kemulyaan
5. Cisadane
6. Cirencana
7. Kemudahan
Kalo artinya gw sendiri gak tau...kebeneran mistiknya..gw juga gak tau..tapi yang jelas..sumurnya jernih-jernih..bahkan masih ada yang seperti air mancur..jadi airnya gak pernah abis-abis..
Berees deeh jalan-jalan di hari ketiga di kampung halaman ini.. =) yang penasaran..dateng aja sendiri ke sini...
), yang dikeramatkan oleh masyarakat setempat dengan sebutan Ikan Dewa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar