Minggu, 16 September 2012

Fungsi GPRS dan WHATS APP

GPRS (General Packet Radio Services) adalah suatu teknologi yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data lebih cepat jika dibandingkan dengan penggunaan teknologi Circuit Switch Data atau CSD.
Sistem GPRS dapat digunakan untuk transfer data (dalam bentuk paket data) yang berkaitan dengan e-mail, data gambar (MMS), dan penelusuran (browsing) Internet. Layanan GPRS dipasang pada jenis ponsel tipe GSM dan IS-136, walaupun jaringaan GPRS saat ini terpisah dari GSM. Dalam teorinya GPRS menjanjikan kecepatan mulai dari 56 kbps sampai 115 kbps, sehingga memungkinkan akses internet, pengiriman data multimedia ke komputer, notebook dan handheld computer. Namun, dalam implementasinya, hal tersebut sangat tergantung faktor-faktor sebagai berikut:
  • Konfigurasi dan alokasi time slot pada level BTS
  • Software yang dipergunakan
  • Dukungan fitur dan aplikasi ponsel yang digunakan
Ini menjelaskan mengapa pada saat-saat tertentu dan di lokasi tertentu akses GPRS terasa lambat, bahkan lebih lambat dari akses CSD yang memiliki kecepatan 9,6 kbps.
Komponen-komponen utama jaringan GPRS adalah :
  • GGSN (Gateway GPRS Support Node): gerbang penghubung jaringan GPRS ke jaringan internet. Fungsi dari komponen ini adalah sebagai interface ke PDN (Public Data Network), information routing, network screening, user screening, address mapping.
  • SGSN (Serving GPRS Support Node): gerbang penghubung jaringan BSS/BTS ke jaringan GPRS. Komponen ini berfungsi untuk mengantarkan paket data ke MS, update pelanggan ke HLR, registrasi pelanggan baru.
  • PCU : komponen di level BSS yang menghubungkan terminal ke jaringan GPRS
GPRS menggunakan sistem komunikasi packet switch sebagai cara untuk mentransmisikan datanya. Packet switch adalah sebuah sistem di mana data yang akan ditransmisikan dibagi menjadi bagian-bagian kecil (paket) lalu ditransmisikan dan diubah kembali menjadi data semula. Sistem ini dapat mentransmisikan ribuan bahkan jutaan paket per detik. Transmisi dilakukan melalui PLMN (Public Land Mobile Network) dengan menggunakan IP backbone. Karena memungkinkan untuk pemakaian kanal transmisi secara bersamaan oleh pengguna lain maka biaya akses GPRS, secara teori, lebih murah daripada biaya akses CSD.










0Share Akankah WhatsApp Menggantikan Peran BBM?
1346579500959176755
ilustrasi (admin)
Blackberry dengan BBM-nya saat ini mungkin harus mulai waspada dengan makin maraknya whatsApp yang merupakan messenger mirip dengan BBM yang dimiliki blackberry. Keunggulan aplikasi WhatsApp ialah dapat digunakan oleh hampir semua pengguna smartphone baik itu Android, IOS, Windows Phone dan juga pengguna blackberry itu sendiri. Saya sendiri ketika mencoba aplikasi ini di tablet yang masih dengan sistem android froyo 2.2 berjalan cukup baik. Hal yang mengasikkan ialah saat mengirim foto, maupun pesan, langsung dapat diterima dengan cepat. Aplikasi WhatsApp inipun tidak membutuhkan PIN seperti yang diwajibkan bagi pengguna BB, karena jika handphone, smartphone ataupun tablet kita sudah terinstal WhatsApp, maka otomatis akan muncul pemberitahuan “Hey there ! I am using WhatsApp” dan kita langsung bisa chat serta tersambung dengan rekan kita yang sama-sama juga sudah menginstall aplikasi ini.
Memang belum banyak yang menggunakan aplikasi ini karena masih banyaknya orang yang mementingkan gengsi atau gaya dibandingkan dengan fungsi. Ketika saya mengadakan survey sederhana yaitu bertanya secara lisan kepada rekan-rekan saya tentang alasan mereka membeli ponsel BB dibandingkan dengan ponsel lain yang dengan harga yang sama akan mendapat spek yang jauh lebih bagus, alasan mereka rata-rata sama yaitu karena adanya aplikasi BBM-an. Padahal, sejauh yang saya baca dari media, RIM sebagai pabrikan BB terancam sedang bangkrut karena handphone blackberry KALAH BERSAING dengan smartphone yang mengusung sistem Andorid maupun IOS. Akan tetapi, di negeri ini, blackberry masih menjadi primadona hingga kini, entah sampai kapan (karena masih ada imej bahwa jika memakai BB akan menaikkan gengsi seseorang).
Saya hanyalah orang yang mementingkan fungsi dibandingkan gengsi / gaya. Karena bagi saya dengan adanya aplikasi WhatsApp ini, saya dapat terhubung dengan banyak orang hanya dengan bertanya no hp tanpa perlu memandang apakah dia punya BB atau tidak, yang penting dalam HP-nya ada program WhatsApp serta terinstall. Apalagi seorang rekan saya pengguna BB berkata, jika ingin WA (WhatsApp) maka harus membeli paket pulsa dengan nominal tertentu. Padahal saya dengan sistem android froyo dan pulsa Rp 25 ribu sebulan, sudah bisa menikmati WA secara free dan cepat lhoo. Karena menurut teman saya pulsa untuk BB agar dapat WA harus dengan paket tertentu. Wahh mau ngobrol aja diatur dan tidak bisa ngobrol dengan orang yang tidak pake handphone sejenis (baca : BB). Kapan ya kira-kira WhatsApp bisa familiar seperti BBM ? dan kapan yah jika orang bertemu, maka yang dia tanya bukan, PIN kamu berapa, tapi hape kamu ada WhatsApp-nya?

1 komentar:

  1. QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda!!
    Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    • Bandar66 (NEW)
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam ????
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!?

    BalasHapus